Global Class - Binus University



Meskipun sudah biasa mengajar di 'smart class' binus university, tetapi semester yang baru saja berlalu adalah pertama kali saya mengajar di global class binus. Mungkin ini adalah angkatan pertama program global class dan mereka sekarang ada di semester 4 jalan ke 5. Karakteristik mahasiswa di global class pada dasarnya sama dengan karakteristik mahasisswa di smart class. Saya sudah menuliskan karakteristik mahasiswa smart class di link berikut: Lecturing on smart class. Ada 3 karakteristik dasar yang menonjol dibandingkan dengan couterparts mereka di regular class. Yang pertama adalah mereka pada umumnya secara rerata memiliki pemahaman tentang materi kuliah yang lebih baik. Yang kedua, mereka memililki konfidens yang lebih tinggi dibanding teman-teman mereka di rehular class. Ini terlihat dari cara mereka berpresentasi tentang materi. Yang ketiga, bahas inggris mereka lebih baik. [Baca juga: Apa itu Global Class Binus University]

Ada karakteristik lain yang juga menonjol yang belum saya tuliskan di tulisan tentang smart class di link Lecturing on smart class, yaitu bahwa mereka adalah mahasiswa-mahasiswa pembelajar yang otodidak. Ini menjadi masuk akal bahwa ke-otodidak-an ini menunjang tiga karakteristik dasar di atas tadi. Karena pada umumnya orang pembelajar yang otodidak memiliki kemauan dan motivasi yang lebih kuat, fokus yang lebih tinggi, kemandirian yang lebih besar, sehingga para pembelajar otodidak pada umumnya mendapatkan hasil akhir yang lebih baik dibanding mereka yang tipikal pembelajar yang guided.

Salah satu Global Class,
Data & Information Management Class:
 Kevin (Jakarta), Jerome (Belgium), Alif, Dian Sano (me),
Reflia (Bekasi), Maria (Semarang), Fikri Nugraha, Christopher (Jakarta),
Irfan, Edward (Jakarta), Vincentius Reynaldo,
Stephanie (Semarang), Venna, Nabillanang, Erik,
Samuel (Sulawesi), 
Muhammad Rafif, Ryno (North Sumatra)
Kembali ke global class, global class adalah program yang mirip dengan smart class, yaitu semua delivery mengguna full-english, tetapi plus tambahan bahwa mereka harus mengambil perkuliahan di luar negeri selama 1 atau 2 semester, yang akan mereka jalani di semester 5 dan/atau 6. 
Dan secara supervisi sepertinya mereka berada dalam supervisi dari department/divis global class sementara smart class tetap berada dalam supervisi jurusan masing-masing.

Jadi sederhananya, global class adalah extended version dari smart class atau upgraded versionnya. Di atas adalah salah satu sampel presentasi dari global class untuk mata kuliah database systems.

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218