Panduan Memilih Universitas di Indonesia bagi Para Calon Mahasiswa

Suatu hari seorang dosen berkata di kelasnya, "Siapa saja yang bisa menjawab pertanyaan berikutnya, boleh pulang duluan."
Seorang mahasiswa tiba-tiba melempar tas-nya keluar jendela.
Si dosen bertanya, "Siapa yang baru saja melempar itu?"
Si mahasiswa menjawab, "Saya! Saya boleh pulang duluan sekarang."

--o0o--

Pada laporan yang diterbitkan QS Top Universities pada hari selasa lalu, selain mem-publish peringkat universitas secara global, regional, dan tiap negara, juga di-publish laporan peringkat berdasarkan subject (fakultas) tiap universitas. Laporan ini bisa bermanfaat bagi para calon mahasiswa yang masih ragu dan bingung untuk memilih universitas mana yang akan dituju. Di dalam post artikel ini saya coba untuk menampilkan screenshot gambar-gambar dalam bentuk tabel-tabel (klik untuk melihat lebih besar/jelas di bagian gambar) laporan dari QS tentang peringkat berbagai macam subject (fakultas) dari berbagai universitas di Indonesia. Untuk para calon mahasiswa yang sedang memilih kuliah di kampus-kampus di Indonesia bisa menggunakan ini sebagai salah satu bahan pertimbangan. [Baca juga: Peringkat Universitas Teratas Dunia - Asia - Indonesia Versi QS Top Universities]

Sebelumnya perlu juga dibaca catatan dari QS untuk memahami data di dalam tabel-tabel di bawah:
Di dalam tabel-tabel berikut ada [angka] dalam tanda kurung kotak yang artinya adalah peringkat global dari institusi tersebut untuk subject tertentu. Cek yang menyeluruh atas data sudah dilakukan untuk institusi-institusi yang diperingkat tetapi ketika ditemukan bahwa kurang dari lima institusi untuk negara tertentu atas subject  tertentu yang diperingkat, QS memasukkan institusi yang dianggap sebagai runners-up nya, yang disajikan dalam warna abu-abu. Dalam banyak hal, institusi-institusi tersebut melebihi peringkat yang di-publish, karena posisi mereka dengan jumlah data yang relative rendah (dimana pemeringkatan itu sendiri dipangkas hanya sampai 500 peringkat saja) dan apakah institusi tersbut menjalankan program kesarjanaan atau tidak pada subject tersebut mungkin juga tidak terverifikasi. Namun begitu, tetap didapatkan manfaat dalam konteks laporan per negara untuk menyediakan data ini. 
Silahkan lihat data di tabel berikut ini:

Arts & Humanities (klik gambar untuk memperbesar)
Engineering & Technology  (klik gambar untuk memperbesar)


Lice Sciences & Medicine  (klik gambar untuk memperbesar)

Natural Sciences  (klik gambar untuk memperbesar)
Untuk peringkat universitas berdasarkan bidang yang terkait ilmu komputer, sistem informasi, teknologi informasi, informatika bisa di akses di sini.
Statistik data survey QS 2016 di seluruh dunia  (klik gambar untuk memperbesar)

Post artikel terkait:

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218