7 Hal Unik Seputar Ekosistem Internet

Ekosistem Internet. Photo: pixabay.com. License: Public Domain
Internet tercatat memiliki sejarah panjang, sejak era kelahirannya di sekitar tahun 1970-an, kemudian diikuti era pengembangannya sekitar tahun 1980-1990-an, dan dilanjutkan dengan kelahiran berbagai macam teknologi yang berjalan di atasnya seperti web, email, web 2.0, dan terakhir adalah media sosial di era sekarang dengan berbagai macam bentuknya. Dalam sejarah panjang tersebut, boleh dibilang internet saat ini mencapai tahapan yang sangat penting bagi manusia karena sudah menjadi instrumen pokok dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Bahkan semakin lama semakin banyak waktu yang diluangkan manusia modern untuk beraktivitas di dalam dunia maya.

Dibalik kisah sejarah panjang internet dan segala macam teknologi yang berjalan di atasnya mulai dari web, email, media sosial, dan sebagainya, ada banyak hal unik yang mungkin belum kita ketahui. Berikut di bawah ini adalah daftar tujuh hal unik yang mungkin belum kita ketahui tentang seputar ekosistem internet, entah tentang teknologi yang berjalan di atasnya, maupun tentang para tokoh dibaliknya.

#1. File terbesar yang pernah di-download di web berukuran 4,5 Petabyte.
File 42.zip cukup terkenal di web, karena ini adalah file zip yang hanya 42 KB tetapi ternyata berisi 4,5 petabyte data ketika diekstrak. Kompresi yang luar biasa ini dicapai menggunakan teknik zip files yang berkalang. File ini masih ada dan masih bisa di download di internet. File ini juga sering disebut dengan Zip bomb.

#2. Website pertama di dunia masih online.
Website yang pertama dibuat pada tahun 1990 oleh ahli komputer asal Inggris Tim Berners-Lee masih online sampai sekarang. Alamat situsnya adalah http://info.cern.ch/. Situs ini berisi informasi tentang world wide web.

#3. Domain seluruh isi abjad dimiliki oleh Google.
Domain yang berisi seluruh abjad sebanyak 27 huruf: abcdefghijklmnopqrstuvwxyz.com dimiliki oleh Google dan dibeli oleh Google beberapa bulan setelah Google menjadi Alphabet pada tahun 2015.

#4. Asal-usul tanda seru pada Yahoo! 
Tanda seru pada kata Yahoo! adalah karena kata "Yahoo" sudah dimiliki oleh perusahaan yang memproduksi saus BBQ. Sehingga untuk bisa mengontrol trademark, Yang dan Filo pendiri Yahoo!, menambahkan tanda seru di akhir kata Yahoo! Tetapi seringkali tanda seru tersebut diabaikan ketika orang-orang mengacu ke Yahoo!

#5. Asal-usul warna utama Facebook adalah biru.
Mark Zuckerberg memiliki buta warna untuk warna merah-hijau, sehingga dia sangat jelas melihat warna biru. Inilah sebabnya mengapa skema warna utama Facebook adalah biru - meskipun tentu tidak ada salahnya bahwa biru juga sering diartikan dan dikaitkan dengan 'trust' dan 'security', dua konsep penting dalam mendapatkan orang untuk secara sukarela menyerahkan informasi pribadi mereka. 

#6. Burung pada Twitter memiliki nama.
Sudahkan Anda tahu bahwa gambar atau logo burung pada twitter bernama "Larry"?

#7. CEO Youtube adalah orang yang meminjamkan garasinya untuk menciptakan Google 
Susan Wojcicki adalah wanita yang meminjamkan garasinya kepada pencipta Google, Larry Page dan Sergey Brin, pada tahun 1998 ketika mereka menciptakan Google. Sekarang Susan Wojcick menjadi CEO Youtube yang telah menjadi bagian dari Google.


Post artikel terkait:

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218