50 Perusahaan Paling Inovatif 2018


50 Perusahaan Paling Inovatif
Sumber: Survey Boston Consulting Group 2017
11 dari 50 perusahaan yang disebut dalam peringkat BCG 2018 (BSC = Boston Consulting Group) tentang perusahaan yang paling inovatif, termasuk diantaranya 7 dari 10, adalah digital native dan otomatis disebut sebagai para inovator digital. Sebagian besar, kalau tidak semuanya, yang ada di dalam daftar tersebut sudah mengembangkan teknologi digital mereka ke dalam program-program inovasi mereka. Trennya adalah merambat ke semua industri, dan menembus hingga ke perusahaan yang paling konservatif dan anteng.

Seperti halnya berbagai aspek lain tentang perubahaan yang didorong secara digital, perubahan terhadap inovasi digital adalah hal yang sulit. Hal ini memerlukan eksekusi perubahan yang besar dalam strategi, operasi, dan organisasi, yang berdampak menyeluruh ke  tingkat group perusahaan.
Bahkan perusahaan-perusahaan yang ingin melompat (membuat lompatan katak) menerima dan menganggap clash/benturan di dalam perusahaan sebagai bagian dari harga terhadap suatu perubahan.
Ada kejutan kecil, bahwa kesenjangan inovasi digital antara yang terdepan dan yang ketinggalan akan terancam semakin melebar. 



Dinamikan 50 Perusahaan Paling Inovatif

Gambar tabel di atas tersebut adalah peringkat 50 perusahaan paling inovatif tahun 2018. Daftar perusahaan di peringkat atas hanya berubah sedikit saja dibanding report tahun lalu [silahkan lihat link nya disini]. Dua perusahaan digital native melesat ke 10 besar dalam daftar, yaitu Alibaba Group yang masuk ke daftar 50 besar ini untuk pertama kalinya, dan Uber. Di antara 20 besar, Tencent juga merupakan pendatang baru dalam daftar ini, dan Airbnb, SpaceX, Cisco Systems, Orange, dan Marriott bergerak ke atas secara signifikan. 

Sementara itu Amerika Utara menjadi area yang paling dominan dan memiliki 27 perusahaan dalam daftar tersebut, Eropa mengukuhkan posisinya secara signifikan dengan 16 perusahaan dibanding tahun lalu 10 perusahaan. Sektor 'Travel and Transportation' sudah mengubah bentuknya karena beberapa perusahaan termasuk Uber, Airbnb, dan SpaceX menunjukkan potensi disruptif tentang teknologi digital dan model bisnis digital yang dijalankan secara kombinasi.

Referensi:
  • The Boston Consulting Group, “The Most Innovative Companies 2018 - Innovators Go All In On Digital”


Artikel lain yang mungkin Anda suka:

Comments

Popular posts from this blog

10 Pepatah Jawa Kuno Untuk Menjalani Hidup Yang Semakin Kompleks

Kumohon Ya Tuhan MB 218